Makna PAUD
Dalam Pembangunan Bangsa || Pendidikan Anak Usia Dini, yang selanjutnya
disingkat PAUD, merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak
sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian
rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan
rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Beberapa komponen
yang dapat dijabarkan dari rumusan tersebut di atas, yakni:
- PAUD berisi program pembinaan berupa kegiatan pendidikan.
- Sasaran PAUD adalah anak usia 0-6 tahun
- Program PAUD untuk mengembangkan seluruh potensi anak yang mencakup lingkup perkembangan nilai agama dan moral, fi sik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni.
- Tujuan program PAUD adalah agar anak memiliki kesiapan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
- cakupan rentang usia, sasaran anak usia dini di Indonesia dari 0 – 6 tahun, sedangkan di berbegai negara mencapai usia 8 tahun;
- program layanan anak usia dini di Indonesia terdiri atas Taman Kanak-Kanak (untuk anak 4-6 tahun), Kelompok Bermain (prioritas anak usia 2-4 tahun), Taman Penitipan Anak (prioritas usia 0-6 tahun), dan Satuan PAUD Sejenis (anak 0-6 tahun);
- jalur pendidikan. Taman Kanak-Kanak masuk dalam jalur pendidikan formal, sedangkan Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, dan Satuan PAUD Sejenis masuk dalam jalur pendidikan non formal.
Pendidikan
anak usia dini merupakan dasar yang memberi pengaruh nyata pada keberhasilan di
jenjang pendidikan di atasnya. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini dikembangkan
dengan berdasar landasan keilmuan, landasan yurudis, sosial, budaya, dan pedagogis
baik secara teoretis maupun empiris.
Demikian sajian
informasi mengenai Makna PAUD Dalam Pembangunan Bangsa yang dapat disampaikan.
Semoga Bermanfaat !!!
Labels:
ARTIKEL
Thanks for reading Makna PAUD Dalam Pembangunan Bangsa. Please share...!
0 Komentar untuk "Makna PAUD Dalam Pembangunan Bangsa"